Bali digadang - gadang menjadi Clean Energy Center of Excellence

Posted by I Made Surya Adnyana on 12:03 PM with No comments


Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan, Bali akan menjadi Clean Energy Center of Excellence (CoE) atau Pusat Keunggulan Energi Bersih Indonesia untuk masyarakat internasional.

Dia menjelaskan, CoE adalah pusat terpadu bagi penelitian, pengembangan hasil penelitian, pendidikan, peningkatan kapasitas pelaksanaan, hingga fasilitas investasi dalam pengembangan energi bersih dengan tiga menu utama.

"Tiga menu itu di antaranya informasi, teknologi, dan pendanaan. CoE akan menjadi kanal penghubung bagi kesiapan nasional dalam mewujudkan sistem energi yang berdasarkan pada sumber energi bersih dan berkelanjutan," ungkap Sudirman di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/2).

Selain itu, CoE tersebut juga diperuntukan untuk mendukung upaya percepatan pengembangan energi terbarukan menjadi 23 persen dalam komposisi bauran energi nasional pada tahun 2025.

Dalam jangka waktu empat tahun ke depan, CoE akan berfokus pada upaya mendukung program pembangunan ketenagalistrikan 35 Megawatt (MW), dan 25 persennya atau sekitar 8,8 Gigawatt (GW) akan datang dari energi terbarukan.

"Kenapa memilih Bali? karena Bali ini menjadi pusat perhatian dunia. Setiap hari ada warga negara asing yang datang ke sini," tutup Sudirman.
Reaksi:
Categories: , ,