Tappering Paman SAM akhirnya diberlakukan

Posted by I Made Surya Adnyana on 4:42 PM with No comments
USD Dollar VS Poundsterling
QE yang sebagian besar merupakan berkah tersendiri, akhirnya diputuskan dihentikan. Selama 6 tahun Masyarakat di suguhkan dana murah meriah, sehingga Emerging Market pun mendapat cipratan dana segar.  The FED sudah memberikan sinyal Tappering akan dilakukan di tahun depan, dan secara komulatif Pasar Dunia akan konsolidasi di 5% - 15%. Namun secara jangka panjang, pergerakan ekonomi dunia akan mengalami peningkatan dikarenakan Paman SAM sudah dianggap sembuh dari sakitnya. Untuk perusahaan yg bergerak di Komoditas akan menemukan titik balik setelah 2 tahun " Mati Suri ". Untuk perbankan kemungkinan akan mengalami kesulitan Likuiditas, sehingga saya sangat setuju apabila beberapa Bank Besar "kimpoi" jadi satu. Ini sudah dilakukan di Malaysia, 2 bank sudah melebur jadi satu Bank Besar dengan Likuiditas yang besar pula.

IHSG Koreksi ringan
Pernah di tahun 2011 - 2013 Rupiah bertengger di Rp 8.000 - Rp 10.000 VS USD, nilai yang sangat rendah pada saat ini. Kemungkinan kedepan Rupiah akan menunjukkan Harga Fundamentalnya di Rp 11.500 -12.500. Kita tidak mungkin mendapatkan nilai tukar yang rendah di bawah Rp 9.000, kecuali ada perubahan signifikan di 5 thn pemerintahan Jokowi - JK. Semoga beliau bisa membuat terobosan baru untuk memberikan obat kuat untuk Uang Garuda kita. 

Masih dengan Greenback, kemungkinan 1 bulan kedepan akan lebih perkasa dari semua mata uang dunia, disebabkan pasar akan melakukan konsolidasi atas efek Tappering yang akan diberlakukan tahun depan. Suka tidak suka, harus dijalankan !!!

Untuk investor 
Silahkan di cek email dan Google drive nya disini , bulan ini cukup lumayan Return yang diperoleh. Semoga selalu mendapat jalan yang terbaik bulan depan

* Ini hanya untuk sharing uneg-uneg, bukan untuk Rekomendasi Jual / Beli. Jangan coba di rumah sendirian kalau tidak pakai pengaman ! Saya tidak bertanggung jawab atas hasil yg diperoleh, baik untung maupun rugi, karena sudah jadi rejeki masing - masing :)

FEEL FREE FOR SHARE

Suksma 
@MSA

Reaksi: