Membuat Pot Hidroponik sendiri dari Talang Air

Posted by I Made Surya Adnyana on 7:03 PM with No comments
Rasa penasawaran yang tidak terbendung lagi..hmmmm

Jadi ingat waktu dulu jaman kuliah, saya udah mencoba menanam Jamur Tiram. Modal dari uang saku (sebulan) habis untuk bikin rak bambu dan beli bibit. Beli bibit di Lembang ( Bandung ) naik motor pinjaman, alhasil 100 log bibit saya beli. Dan hasilnya :) Sukses tumbuh besar dan menggoda, tapi gagal menghasilkan uang. Klise, kita bisanya produksi, tapi gagal di penjualan... alias RUGI 

Btw...kembali ke rasa penasaran itu yang datang tiba - tiba. Saat duduk termenung di depan gang rumah saya. Gak sengaja saya lihat pohon bayem tumbuh deket Air Got yang mengalir. Gemuk banget.. tp maaf ga kepikiran mau ambil. Gimana mau ambil, wong tumbuhnya di saluran Air Got. Tapi poinnya bukan itu sih, poinnya adalah kenapa Bayemnya bisa hidup di Air Got dan gemuk - gemuk pula !?!?

Inget dulu sempat baca - baca di Gramedia, ada teknik cocok tanam Hidroponik. Dan... wusssss ... langsung saya menuju ke komputer. Buka google, cari keyword Hidroponik !!!


Dari A sampai Z ada di Internet. Dari web personal, institusi, video sampai Toko Online nya. ( MBN ) Mainan Baru Nih.

Saya lalu beranjak kedapur, bikin kopi, bikin mie rebus pakai Telor.... atur duduk dan mulai menenggelamkan diri di Dumay (dunia maya)

Alhasil dari banyak literatur yg saya baca, lihat, dan tonton, saya memutar otak untuk mencoba hal sederhana untuk keluarga sendiri. Komitmen saya "Mau Swasembada Sayur di Rumah Sendiri". Sederhana khan ? 

Saya cari hari baik (saya orang bali sangat percaya dengan hari baik. Bila kita awali dengan memilih hari yang baik, diharapkan akan mendapatkan hasil yang baik) untuk memulai pekerjaan pembangunan Hidroponik Talang Air pertama saya....

Ada yang senang saya lakukan disini. Saya bisa mengajak anak - anak untuk bermain, bertani, dan bekerja. Hal sepele sih tapi besar artinya buat saya.


Kebutuhannya :
  • 5 buah talang air 
  • 8 buah penutup talang air 
  • 3 buah batang pipa 1"
  • 5 buah pipa L sambungan pipa 1"
  • 5 buah pipa I sambungan pipa 1"
  • 2 buah Lem PVC
  • 1 buah Ember  15 liter
  • 1 buah pompa aquarium
  • Rokok dan Kopi ( buat saya )
Total yang saya habiskan Rp 970.000 (diluar peralatan seperti Gergaji, Palu, dan lainnya)
Penampakannya seperti bisa dilihat disamping















Reaksi:
Categories: